Rabu, 08 Mei 2013

Ponsel Melengkung


Bendable smartphones coming soon
 (timesofindia.indiatimes.com)


OALAOALI.BLOGSPOT.COM, LONDON: Bayangkan sebuah ponsel yang bisa melengkung agar tidak ada yang mengintip ketika anda membaca pesan pribadi Anda!
Para peneliti, termasuk seorang ilmuwan asal India, telah mengembangkan prototipe untuk smartphone yang dapat berubah bentuk dan perangkat mobile yang dapat mengubah bentuk aslinya.
Penelitian ini memperkenalkan istilah 'resolusi bentuk' dan sepuluh fitur, untuk menggambarkan resolusi perangkat interaktif, selain untuk menampilkan dan menyentuh resolusi.
Penelitian yang dipimpin oleh Dr Anne Roudaut dan Profesor Sriram Subramanian, dari Universitas Bristol Departemen Ilmu Komputer, telah menggunakan 'resolusi bentuk' untuk membandingkan resolusi enam prototipe, tim telah membangun dengan menggunakan teknologi terbaru dalam perubahan bentuk materi, seperti sebagai bentuk paduan memori dan polimer aktif elektro.
Salah satu contoh dari perangkat adalah konsep tim dari Morphees, self-actuated perangkat mobile yang fleksibel yang dapat mengubah bentuk aslinya untuk lebih sesuai dengan banyak layanan mereka cenderung mendukung.
Tim percaya Morphees akan menjadi generasi berikutnya dari perangkat mobile, di mana pengguna dapat men-download aplikasi yang menanamkan faktor bentuk khusus, misalnya "app bola stres" yang runtuh perangkat dalam dirinya sendiri atau "app game" yang membuatnya mengadopsi bentuk konsol seperti.
"Hal yang menarik tentang pekerjaan kami adalah bahwa kita adalah langkah menuju memungkinkan perangkat mobile untuk mengubah bentuk on-demand," kata Roudaut, Asisten Peneliti di Departemen Computer Science Bristol Interaksi dan kelompok Graphics,.
"Bayangkan men-download aplikasi permainan di app-store dan bahwa ponsel akan membentuk-pindah ke bentuk konsol seperti untuk membantu perangkat yang harus dipertahankan dengan baik.
"Perangkat ini juga bisa berubah menjadi bola untuk melayani sebagai bola stres, atau menekuk diri untuk menyembunyikan layar ketika password yang diketik sehingga orang yang lewat tidak dapat melihat informasi pribadi," kata Roudaut.
Dengan membandingkan resolusi bentuk prototipe mereka, para peneliti telah menciptakan wawasan untuk membantu desainer untuk menciptakan Morphees resolusi bentuk tinggi.
Di masa depan, tim berharap untuk membangun Morphees resolusi bentuk yang lebih tinggi dengan menyelidiki fleksibilitas bahan.
Mereka juga tertarik untuk mengeksplorasi jenis lain dari deformasi bahwa prototipe tidak mengeksplorasi, seperti porositas dan stretchability. (faj)

Tidak ada komentar: