Selasa, 07 Mei 2013

Teknologi powering superkomputer top dunia sekarang dalam paket entry-level.


Cray XC30-AC server rack.

 
OALAOALI.BLOGSPOT.COM, Cray, perusahaan yang membangun superkomputer tercepat di dunia, memunculkan generasi berikutnya dari teknologi superkomputer untuk pelanggan bisnis biasa dengan sistem mulai dari hanya $ 500.000.

Sistem XC30-AC  yang baru,  hari ini diumumkan kisaran harga dari $ 500.000 sampai $ 3 juta, dengan kecepatan 22-176 teraflops. Itu hanya sebagian kecil dari kecepatan superkomputer tercepat di dunia tersebut, yang $ 60.000.000 Titan, yang kecepatannya 17,59 petaflops. (Teraflop A mewakili seribu miliar operasi floating point per detik, sementara petaflop satu juta miliar operasi per detik.)

Namun pada kenyataannya, prosesor dan interkoneksi yang digunakan dalam XC30-AC adalah langkah yang digunakan untuk membangun Titan. Teknologi Cray  dijual kepada pelanggan yang lebih kecil sehingga suatu hari nanti dapat digunakan untuk membangun superkomputer yang lebih cepat dari Titan.

Titan menggunakan campuran AMD Opteron dan prosesor Nvidia untuk total 560.640 core, dan menggunakan proprietary Gemini interkoneksi Cray.

XC30-AC sistem dengan prosesor Intel Xeon 5400 Series (KOREKSI: Cray telah memberitahu kamiprocecor bawaannya  Xeon 5400, tetapi dokumen produk mengatakan itu benar-benar datang dengan Xeon E5-2600). Ini pertama berbasis Intel superkomputer Cray yang menjual ke usaha kecil, apa yang disebut "perusahaan teknis" pasar. (Sistem Cray sebelumnya untuk pasar ini digunakan prosesor AMD.) Mungkin yang lebih penting, XC30-AC menggunakan Aries, interkoneksi bahkan lebih cepat daripada yang ditemukan di Titan.

Singkatnya, arsitektur Intel terbaru Cray interkoneksi" yang akan dipasang di "masa depan # 1 dan atas 10 sistem kelas," Cray VP Pemasaran Barry Bolding kepada Ars.mengatakan  "Ini seperti membeli mobil di mana Anda mendapatkan mesin yang sama persis, Anda mendapatkan BMW. Satu-satunya hal yang berubah adalah beberapa dari peripheral yang membuat sistem lebih mudah untuk masuk ke dalam data pusat dan membuatnya lebih terjangkau. " Dibandingkan dengan sistem seperti Titan, Cray mengatakan XC30-AC memiliki "penghitung lemari fisik yang lebih kecil dengan 16 bilah vertikal per kabinet."

Perusahaan minyak dan gas atau perusahaan elektronik melakukan simulasi kompleks antara pelanggan potensial untuk superkomputer XC30-AC.

XC30-AC adalah tindak lanjut ke XC30 sistem yang dimaksudkan untuk pelanggan yang lebih besar dan biasanya biaya puluhan juta dolar. The "AC" mengacu pada fakta bahwa sistem yang lebih kecil yang berpendingin udara bukan air-cooled. Kebutuhan daya yang tidak besar, dan menggunakan pendingin udara membuat lebih mudah untuk menginstal dalam jangkauan yang lebih luas dari pusat data.

XC30 sistem skala hingga 482 lemari dan 185.000 soket dengan lebih dari satu juta core prosesor. The XC30-AC memenuhi satu sampai delapan lemari, dengan masing-masing memegang 16 pisau dari delapan soket masing-masing untuk 128 soket di setiap kabinet. Dengan prosesor Xeon 8-core Intel di setiap soket, yang menambahkan sampai dengan 1.024 soket dan sebanyak 8.192 core processor dalam delapan kabinet sistem. Sebuah lemari tunggal dengan sekitar 30TB penyimpanan yang dapat digunakan dan 128 soket akan menelan biaya sekitar $ 500.000, sementara delapan sistem kabinet dengan 140TB penyimpanan dapat digunakan dan 1.024 soket memukul kisaran $ 3 juta.

Untuk mulai dengan, XC30-AC hanya mendukung prosesor Intel Xeon dengan arsitektur Sandy Bridge. Mereka akan diperbarui ke server kelas Ivy Bridge chip di kemudian hari. Nvidia GPU dan Intel Xeon Phi chip akan tersedia sebagai co-prosesor pada akhir tahun ini, kata Cray.

Sementara sistem XC30-AC akan lebih kecil dari superkomputer tradisional, Cray Aries interkoneksi membuatnya sangat cepat, kata Bolding. Dia mencatat bahwa Ethernet interkoneksi umumnya tidak cukup cepat untuk superkomputer tercepat di dunia. InfiniBand telah benar-benar diambil dari, yang digunakan dalam sekitar setengah dari 100 sistem dan dua dari top 10. Tapi lima sistem terbaik di dunia semua menggunakan milik interkoneksi seperti Cray atau IBM. (faj)

Tidak ada komentar: