Rabu, 08 Mei 2013

Versi Terbaru Windows Menuai Kritik

OALAOALI.BLOGSPOT.COM, SEATTLE - Microsoft membuat perubahan yang cukup berani untuk tampilan perangkat lunak yang kebanyakan penggunanya kalangan komputer pribadi.

Frederic J. Brown/Agence France-Presse  - Getty Image

Microsoft mengungkapkan bahwa mereka telah menjual 100 juta lisensi untuk perangkat lunak andalannya sejak dirilis enam bulan lalu. Itu kira-kira jumlah yang sama untuk lisensi Windows 7 sekitar periode waktu yang sama. Dan diterima dengan baik oleh banyak kalangan.

Namun Windows 8 telah mendapat kritikan pedas dari konsumennya. Dengan Windows 8, Microsoft mengganti tampilan sistem operasinya dengan antarmuka yang terlihat seperti layar ubin. Perubahan ini membuat konsumennya kelabakan, dan meskipun mereka bisa beralih ke tampilan baru, namun tampaknya beberapa dari mereka kurang puas dengan ampilan baru tersebut.

Dalam sebuah wawancara, Tami Reller, chief marketing officer dan divisi chief financial officer Microsoft Windows, mengatakan update untuk perangkat lunak, Windows Blue, datang akhir tahun ini. Ini akan mencakup modifikasi yang membuat perangkat lunak lebih mudah untuk mencari tahu, terutama pada komputer tanpa layar sentuh.

"Kurva belajar adalah nyata dan perlu ditangani," kata Ms Reller.

Ada masalah lain. Ubin tampilan dimaksudkan bagi mereka yang menggunakan komputer layar sentuh, dan banyak dari perangkat yang tersedia belum menjalankan Windows. Peneliti IDC memperkirakan Microsoft hanya dijual sekitar 900.000 tablet Surface selama kuartal pertama tahun ini, sekitar 1,8 persen dari pasar secara keseluruhan.  pembuat tablet Windows seperti Acer menyumbang penjualan tambahan.

Sebagai perbandingan, Apple, dengan penjualan iPad dari 19,5 juta, menyumbang 39,6 persen.

Pembuat PC Banyak kecewa seperti Dell dan Hewlett-Packard, Windows 8 tidak membantu menangkis persaingan dari perangkat seperti iPad. Pengiriman global PC turun 13,9 persen menjadi 76,3 juta unit selama kuartal pertama tahun ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu - menunjukkan terburuk dalam dua dekade, menurut IDC. Pengiriman tablet tumbuh 142.4 persen menjadi 49,2 juta unit pada periode yang sama, IDC memperkirakan.

Windows 8 seharusnya menjadi jembatan antara tablet dan komputer pribadi dengan perangkat lunak yang dibuat untuk layar sentuh yang memiliki pilihan untuk beralih ke desktop antarmuka setiap kali seseorang ingin membuat slide PowerPoint atau bekerja pada sebuah spreadsheet Excel menggunakan keyboard dan mouse.

Microsoft mempunyi visi bahwa Windows 8 adalah perangkat layar sentuh baru, termasuk laptop yang juga merespon gerakan jari.

"Jika Anda tidak akan menyediakan lingkungan yang tepat bagi masyarakat untuk memahami bagaimana menggunakan sistem, Anda berisiko kehilangan banyak orang yang menggunakan sistem selama satu dekade," kata David Daoud, seorang analis di IDC.

Ms Reller mengatakan Microsoft akan mengungkapkan lebih lanjut tentang Windows 8 perubahan dalam beberapa minggu mendatang, tapi ia menolak untuk mengkonfirmasi mereka akan mencakup opsi untuk memotong antarmuka ubin baru di start-up, sebagai laporan terbaru di technology news sites.

Ms Reller menambahkan bahwa Microsoft telah melatih mitra ritel untuk mengingatkan pelanggan bahwa antarmuka desktop lama masih ada di Windows 8.

"Kami mulai berbicara tentang desktop sebagai sebuah aplikasi," katanya. "Namun dalam kenyataannya, untuk pembeli PC, desktop penting."

Penelitian Microsoft sendiri pada pola penggunaan Windows 8 menunjukkan kepuasan pelanggan dengan sistem adalah setara dengan Windows 7.

"Kita perlu membantu mereka belajar lebih cepat," katanya.

Joshua Blood, seorang insinyur audio di Hudson, Mass, menempatkan Windows 8 pada salah satu komputer yang ada, tapi melepasnya setelah beberapa hari, ia memutuskan bahwa perangkat lunak ini hanya masuk akal jika ia memiliki mesin layar sentuh. "Di Windows 7, Saya bisa benar-benar melakukan semua yang saya butuhkan untuk dilakukan, dan itu adalah OS yang bagus," kata Mr Blood.

Jadi pelanggan bisnis yang menandatangani kesepakatan tersebut sejak Windows 8 keluar antara lisensi yang terjual, banyak yang diturunkan ke Windows 7. Al Gillen, seorang analis IDC, memperkirakan penjualan Microsoft Windows kepada pelanggan dengan hak downgrade tersebut sekitar 40 persen.

Mr Gillen mengatakan pola tersebut antara pelanggan bisnis, yang cenderung mengadopsi software baru berhati-hati, terhadap versi baru dari Windows yang dirilis.

Sementara 100 juta lisensi untuk Windows 8 suara mengesankan, angka itu tidak menunjukkan berapa banyak orang yang benar-benar menggunakan sistem operasi baru. Itu karena sebagian besar Microsoft Windows penjualan terjadi melalui kontrak jangka panjang dengan pelanggan bisnis, yang diizinkan untuk memilih versi sistem operasi mereka berjalan di komputer mereka.(faj)

Tidak ada komentar: